Kamis, April 02, 2009

Buku Terbaru Ininnawa Press

Kuasa dan Usaha
di Masyarakat Sulawesi Selatan
Christian Pelras et. al.
Ininnawa-KITLV Jakarta | Maret 2009

Buku ini mengupas ragam citra dan stereotip yang tersebar luas ditujukan untuk orang Bugis, Makassar, juga suku-suku lain di Sulawesi Selatan, dan banyak di antaranya yang berlawanan satu sama lain.
Penduduk Sulawesi Selatan dilukiskan sebagai pelaut yang berani, perantau yang lihai, bangsawan feodal dan para pengikutnya, penganut paham kebebasan demokratis yang hanya mengakui pemerintahan yang dibentuk berdasarkan kontrak sosial, pemeluk agama Islam yang fanatik, pemuja benda-benda pusaka kerajaan tradisional dan pelaksana upacara-upacara ritual bagi para leluhur dan dewa yang turun ke bumi. Kesan dan stereotip itu tentu masih memerlukan pembahasan lebih lanjut.

Pembahasan tentang Sulawesi Selatan meliputi berbagai macam topik: dokumen kolonial yang diperhadapkan dengan naskah-naskah pribumi; homogenitas Sulawesi Selatan ditinjau dari perspektif budaya dan politik; hubungan antara status dan kekuasaan; kepemimpinan dan hubungan patron-klien; pengaruh asing dan budaya lokal; perdagangan maritim dan posisi Sulawesi Selatan dalam jaringan perdagangan internasional; kultur daerah dan pembangunan sosial-ekonomi; serta diaspora. Semua topik itu berhubungan dengan transaksi, tradisi, dan teks—berhubungan dengan penguasa dan pengusaha—yang akan dibahas secara luas dalam buku ini. Penulis dalam buku ini antara lain Christian Pelras, Anthony Reid, J Noorduyn, Roger Tol, dan peneliti tentang Sulawesi Selatan lainnya.

>> Buku ini dapat dipesan via email distribusiininnawa@gmail.com atau 0411433775

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Free Blogger Templates Autumn Leaves by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP