SURAT PERINTAH PENANGKAPAN AYAM


Ini benar-benar terjadi. Saya bersumpah, demi Allah, saya pernah lihat ada Surat Penangkapan Ayam. Meski tak pernah sekali pun ada kejadian ayam yang dijemput paksa atau diciduk karena kasus kejahatan.
Gambar ini saya rekam ketika saya berkesempatan ke kandang ayam milik A Abdillah Karim di Biring Kallo, Tanralili, Maros, akhir Juli 2009. Daerah ini berada di sekitar Bandar Udara Hasanuddin Makassar. Saya terkagum-kagum melihat ribuan ekor di kandangnya yang berbentuk rumah panggung. Kunjungan saya sebenarnya sedang ikut tim penelitian Flu Burung.
Surat itu sebenarnya sebagai tanda penjemputan bila ayam pedaging tiba masa panennya. Si pemilik, A Abdillah Karim memang bekerjasama dengan pihak yang disebut “mitra”. Pakan ayam peternakannya dipasok oleh “mitra”. Imbalannya, Pak Abdillah menjual daging ternaknya ke mereka. “Surat itu sebagai bukti kalau ayam saya benar-benar dibeli oleh mitra. Bukan oleh orang lain,” terangnya seraya tersenyum.[]

Komentar

Postingan Populer