Ekspedisi Pelayaran Akademis II 2011

Ininnawa - KORPALA UNHAS

EKSPEDISI PELAYARAN AKADEMIS II 2011
Menapaktilasi Jalur Pencari Teripang Makassar – Australia
Penulis: Ostaf Al Mustafa
Editor: Anwar Jimpe Rachman
Penerbit: Ininnawa - KORPALA UNHAS
ISBN: 978-602-71651-6-8
xi + 242 hl

Enam anggota Korps Pencinta Alam (KORPALA) Universitas Hasanuddin, dengan mengendarai sandeq, perahu tradisional Mandar, menapaktilasi jalur yang pernah dilalui para nelayan dari Makassar menuju Australia Utara untuk mencari teripang. KORPALA UNHAS menyebutnya Pelayaran Ekspedisi Akademis II yang berlangsung 2011.

Pelayaran EPA II 2011 menapaktilasi rute pelayaran yang berlangsung sejak abad ke-15 hingga awal abad ke-20 ini ketika demam teripang merebak di Nusantara, fenomena yang mengubah Makassar sebagai pelabuhan utama teripang dalam kurun waktu itu, demi meladeni permintaan dari utara, Negeri Tiongkok. 

Sejak pencari teripang dari Pelabuhan Makassar menginjakkan kaki di pesisir Australia Utara, saat itu pula hubungan pelaut dari Makassar dengan masyarakat Aborigin berlangsung—mulai dari industri modern pertama Australia, hubungan kebudayaan, teknologi, seni, hingga kisah cinta di antara mereka. 

Penggodokan awal gagasan EPA II dari Makassar ke Darwin, Australia bagian utara, digelar oleh KORPALA-UNHAS tahun 2005. Rencana ini dimulai sembilan tahun setelah keberhasilan EPA I tahun 1996, pelayaran yang memberangkatkan dua sandeq ke Malaysia dan Brunei Darussalam, yang juga diceritakan dalam buku ini.

Komentar

Postingan Populer