Lontara Sakke’ Attoriolong Bone: Transliterasi dan Terjemahan



Penyusun: Muhlis Hadrawi, et.al

676 hal / 15x21cm / hardcover

ISBN 978-623-92955-1-6

Penerbit: Ininnawa


Para peneliti kawakan seperti RA Kern dan AA Cense menyatakan, naskah Bugis-Makassar berkualitas tinggi dan mengesankan bahwa orang Sulawesi Selatan mencatat perkara-perkara penting secara sederhana dan jujur. Mereka melukiskan peristiwa sejarahnya yang mencakup asal-usul kelahiran kerajaan, nama-nama raja, perkawinan, silsilah, dan garis keturunan, dan, tentu, rentetan peristiwa penting lainnya. 


Lontara Attoriolong Bone adalah satu contoh dari itu dan menjadi korpus lontara Bugis yang penting untuk kategori sumber kronik Sulawesi Selatan. 


Naskah ini memuat riwayat Kerajaan Bone, kekuatan politik utama di Sulawesi Selatan; mulai dari pendiriannya, narasi tentang La Ummasa (raja Bone kedua) yang mengenalkan teknologi besi, raja terkenal Arung Palakka abad ke-17, hingga La Pabbénténg pada awal dan pertengahan abad ke-20.


Buku ini merupakan hasil pengalihaksaraan dan penerjemahan Muhlis Hadrawi dkk terhadap sekian naskah dan arsip lontara yang tersebar di banyak perpustakaan di dunia. Ini juga merupakan kerja lanjutan setelah cerita dan catatan sejarah beraksara lontara dan berbahasa Bugis berabad-abad ini diterbitkan pertama kali pada 2018 oleh Penerbit Ininnawa.

Komentar

Postingan Populer